Skip to main content

Makalah Konsultan Public Relation


MAKALAH
KONSULTAN PUBLIC RELATION
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Public Relation
Dosen Pengampu: Muhammad Khoirul Fikri, M.E.I
IAIN PKL2.png

Disusun Oleh :
1.  Nur Aviana                     (4117124)
2. Wigiati                             (4117131)
3. Atmariani Artanti  (4117133)



Kelas: B
JURUSAN EKONOMI SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ISLAM PEKALONGAN
2019



KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah SWT Yang Maha Mendengar dan lagi Maha Melihat atas segala limpahan rahmat, taufik serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “Konsultan Public Relation” sesuai waktu yang telah direncanakan.
Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada baginda Nabi Besar Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya yang selalu membantu perjuangan beliau dalam menegakkan Dinullah di muka bumi ini.
Dalam penulisan makalah ini, tentunya banyak pihak yang telah memberikan bantuan baik moril maupun materil. Oleh karena itu penulis ingin menyampaikan ucapan terimakasih yang tiada hingganya kepada rekan dan teman yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, maka saran dan kritik yang konstruktif dari semua pihak sangat diharapkan demi penyempurnaan selanjutnya.
Hanya kepada Allah SWT kita kembalikan semua urusan dan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya bagi penulis dan para pembaca pada umumnya, semoga Allah meridhai dan dicatat sebagai ibadah disisi-Nya, Amin.



Pekalongan, 09 Maret 2019


      Penyusun



DAFTAR ISI











BAB I

PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang                                 

Memiliki reputasi positif organisasi adalah harapan dari seluruh organisasi baik profit maupun non profit. Semua tahu bahwa tugas ini biasanya dipegang oleh Public Relations sebuah organisasi, tetapi kenyataannya keinginan dan pelaksanaan tidak semudah itu tercapai. Organisasi di satu sisi ingin reputasinya baik tetapi di sisi lain masih merasa jika memiliki departemen PR sendiri mereka harus mengeluarkan sejumlah biaya tetap yang tidak murah. Jalan keluar untuk mengatasi hal tersebut adalah perusahaan dapat menyewa jasa konsultan PR yang dapat membantu mereka mewujudkan hal tersebut.
Konsultan seperti apa yang dapat dipilihpun beragam mulai dari skala kecil hingga besar, lokal, nasional ataupun internasional, asosiasi ataupun perorangan. Mendapatkan konsultan yang baik dapat dilakukan dengan cara membaca dengan detail layanan yang pernah dilakukan dengan melihat track record nya. Perlu pula mempertimbangkan atau mendapatkan referensi dari pihak lain tentang reputasi konsultan yang akan disewa serta perlu mengecek keberadaan konsultan tersebut apakah mereka tercatat dalam professional body karena biasanya dari merekalah akreditasi atau sertifikasi konsultan diperoleh. Tentu saja dalam memilih harus disesuaikan dengan kebutuhan dasar dari perusahaan dan dana yang ada.

B.     Rumusan Masalah

1.        Apa itu Konsultan Public Relation?
2.        Apa saja tipe-tipe Konsultan Public Relation?
3.        Bagaimana kategori Konsultan Public Relation?
4.        Apa yang dimaksud Profesionaslisasi Industri?

C.     Tujuan Penulisan Makalah

1.         Untuk mengetahui pengertian Konsultan Public Relation
2.         Untuk mengetahui tipe-tipe Konsultan Public Relation
3.         Untuk mengetahui kategori Konsultan Public Relation
4.         Untuk mengetahui Profesionaslisasi Industri



BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengertian Konsultan Public Relation

Konsultan Public Relation adalah penyelenggaraan jasa-jasa teknis dan kreatif tertentu oleh seseorang atau sekelompok orang yang memiliki keahlian berdasarkan pengalaman serta latihan yang telah mereka dapatkan sebelumnya, dan dalam menjalankan fungsi-fungsi itu mereka memiliki suatu identitas perusahaan yang sah menurut hukum.[1]
Berikut ini beberapa dasar pertimbangan mengapa konsultan dibutuhkan:
1)      Pada saat kita membutuhkan pengelola program yang sifatnya hanya jangka pendek dan adalah proyek – proyek yang spesifik.
2)      Kebutuhan akan pengerjaan pekerjaan yang fluktuatuif (tidak tetap terkadang rendah tetapi di saat tertentu tinggi)
3)      Membutuhkan pekerjaan dengan ketrampilan khusus, dan ketrampilan ini tidak dimiliki oleh karyawan yang ada
4)      Memerlukan objektifitas tinggi. Konsultan dapat mengerjakan pekerjaan tanpa terimbas oleh kepentingan – kepentingan tertentu.
5)       Jika membutuhkan tangan dan kaki untuk melaksanakan sebuah pekerjaan. Apabila kita merencanakan banyak program atau pekerjaan dan membutuhkan sumber daya manusia yang banyak untuk menyelesaikan masalah tersebut.. Konsultan mampu menyediakan tim yang untuk melakukan rencana – rencana tersebut ( Macnamara; 1996, 240 -241)[2]
Konsultan PR memberikan konsultasi mengenai strategi komunikasi agar tercipta opini publik yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Mereka harus membenahi strategi yang kurang tepat menjadi lebih baik karena dia memang menjadi partner dari PR internal.
Konsultan PR pun bertugas mengarahkan strateginya secara lebih detail, kemudian dibuatkan yang lebih baik untuk mengkomunikasikan pesan kepada khalayak. Strategi yang dibuat oleh konsultan PR misalnya membuat brand awareness perusahaan yang diwakilinya dan tidak lupa dikaitkan dengan marketing si perusahaan untuk membangun opini publik serta menaikkan citra perusahaan tersebut.[3]

B.     Tipe-Tipe Konsultan

Secara umum, Konsultan PR berada dalam salah satu dari beberapa kategori berikut ini, konsultan-konsultan besar akan memberikan seluruh empat layanan berikut.[4]
a.    Konsumen:  sejauh ini adalah kategori terbesar.  Konsultan-konsultan akan membantu  klien, merancang  dan melaksanakan kampanye untuk mempromosikan merek, produk-produk atau layanan-layanan pada para konsumen. Seringkali perusahaan-perusahaan akan memiliki tautan dengan kegiatan-kegiatan pemasaran semacam periklanan. Sasaran utama mereka adalah prakonsumen - orang-orang yang membeli produk-produk atau layanan-layanan – dan kegiatan PR cenderung mendukung kampanye-kampanye pema saran. Komunikasi-komunikasi akan menjadi membujuk para konsumen untuk mengambil tindakan.
b.    Keuangan: konsultan-konsultan PR keuangan mengelola suatu reputasi perusahaan di antara para wartawan keuangan, analisis, dan investor. Mereka bekerja dengan perusahaan pubik (persero) mengumumkan hasil-hasil tahunan dan juga dalam situsi-situasi tertentu, ertentu, seperti gejolak pasar modal, kasus pengambilalihan, serta merger dan akuisisi. Komunikasi-komunikasi mereka diarahkan pada audiens-audiens keuangan.
c.    Lobi dan Hubungan Publik: Perusahaan, badan-badan publik dan lembaga-lembaga amal akan memperoleh nasihat dari konsultan-konsullan lobi bagaimana menempatkan kasus mereka kepada pemerintah, para politisi, dan dewan-dewan lokal. Para pelobi akan memperingatkan klien-klien mereka akan isu-isu RUU dan politik yang dapat memengaruhi dan membantu mereka dalam memetakan situasi politik.
d.    Komunikasi-komunikasi Korporasi: perpotongan berbagai disiplin dan melibatkan elemen di atas. Komunikasi-komunikasi korporasi lebih tentang melindungi reputasi secara  keseluruhan suatu perusahaan ketimbang mempromosikan produk-produk atau layanan-layanan. Teknologi dan perlindungan kesehatan adalah lahan lain dari PR yang tumbuh cepat dengan bahasa mereka sendiri dan lebih dari sekadar itu.
Hubungan publik dan PR keuangan sangat terspesialisasi dan asa perdebatan yang muncul kembali mengenai apakah suatu klien lebih baik dilayani oleh suatu yang disebut ‘one-stop consultancy’ ‘one-stop consultancy’yang menyediakan seluruh layanan ini di bawah satu atap, atau alternatifnya apakah mereka lebih baik pergi kepada sebuah konsultan yang khusus untuk suatu lingkup tertentu. Jawabanna tergantung pada klien-klien tersebut dari kebutuhan mereka-tidak ada tanggapan yang mudah disini.

C.     Kategori-Kategori Konsultan Public Relation

Suatu konsultan PR akan berada pada kategori-kategori berikut ini :[5]
1.      Kantor dari Perusahaan PR Multinasional: Perkembangan firma-fima PR multinasional besar sama dengan perkembangan firma-firma hukum dan akuntan internasional- menanggapi perkembangan dan kebutuhan para klien yang beroperasi di pasar global. Klien dan merek-merek mulinasional seperti McDonalds, Starbucks, dan Gillette memtuhkan para penasihat dan layanan-layanan yang bisa beroperasi di pasar internasional yang sama sebagaimana mereka dan memahami kebutuhan-kebutuhan perusahaan atau merek-merek tersebut juga kebutuhan-kebutuhan dan situasi-situasi lokal yang khusus.
2.      Konsultan-konsultan PR dengan Jaringan Regional: Beberapa konsultan-konsultan secara tipikal memiliki sebuah kantor pusat yang berfungsi meliputi akuntasi, SDM. Manajemen, pemasaran dan serangkaian kantor regional.  Bagi perusahaan-perusahaan  besar yang menginginkan bekerja dengan media-media regional konsultan-konsultan ksemacam ini menarik karena mereka menyediakan dukungan regional dan yang lebih penting hubungan dengan dan pengetahuan tentang media lokal.
3.      National Lottery yang mengoperasikan Camelot, contohnya menggunakan konsultan-konsultan yang menyediakan layanan semacam itu. Kantor pusat akan memberi masukan pada kantor regional tidak hanya akan diharapkan bekerja kepentingan nasional, namun juga untuk memenangkan bagian mereka di bisnis lokal.
4.      Perusahaan Besar tanpa Jaringan Regional:  Banyak konsultan keuangan dan hubungan publik berada pada kategori ini; mereka ada di antara perusahaan besar di Inggris dan hanya sebagian yang berbasis di London
5.      Perusahaan  Kecil dan Menengah: Sejauh ini jumlah paling banyak dari perusahan PR antara 1- 10 karyawan. Meskipun kecil bukan berarti mereka tidak mampu menangani klien-klien besar, nasional, dan bahkan internasional.  Sayangnya, pada kenyataannya 80% dari seluruh PR yang ada di Inggris berasa pada 100 perusahaan PR teratas , maka meskipun konsultan-konsultan yang lebih kecil mungkin bisa menanggapi klien-klien besar, sebgian besar pada praktiknya tidak bisa: “PR adalah sebuah sekotr dimana yang besar membeli yang besar,” demikian ungkap Jane Howard, pimpinan Mandate. Kebanyakan Perusahaan PR Kecil bebrrbasis regional, membrikan layanan PR pada perusahaan-perusahaan lokal.
Adapun layanan-layanan yang diberikan oleh Konsultan Public Relation yang terbagi dalam beberapa lingkup, dantaranya:[6]
·        Hubungan media
·        Manajemen krisis dan isu
·        Komunikasi internal/karyawan
·        Perencanaan dan nasihat komunikasi strategis
·        Pelatihan media
·        Manajemen kantor berita eksternal/outsourch
·        Manajemen reputasi
·        Menajemen acara




D.    Profesionalisasi industri[7]

Masalah yang terus-menerus ada untuk industri PR adalah memastikan layanan diberikan melalui semua tipe konsultansi yang beragam dengan kualitas yang konsisten. Semua orang bisa menjadikan diri mereka sebagai praktisi PR dan tidak ada persyaratan bagi orang yang bekerja di PR menjadi anggota Charted institute Of Public Relation (CIPR) atau Public Relation Consultants Association (PRCA) atau bahkan mengikuti apapun bentuk pelatihan. Ketika perusahaan-perusahaan mengajukan keberatan bahwa PR adalah “membuang-buang waktu” atau mereka tidak menghasilkan keuntungan uang dari konsultasi PR, penyelidikan mendalam biasanya akan mengungkap bahwa pengalaman buruk mereka terhadap PR itu ternyata bersumber dari penggunaan praktisi yang tidak berpengalaman yang hanya sedikit atau tidak memiliki pengalaman PR strategis atau bagaimana melaksanakan program yang sesuai dan terstruktur. Para praktisi semacam ini membuat buruk nama industri PR dan menyumbang pada  masalah citra PR sebagaimana yang telah didiskusikan. Tidak ada pengganti bagi kualifikasi profesional dan pengalaman praktis.
Tingkat-tingkat dalam PR dan pekerjaan organisasi-organisasi profesional seperti CIPR dan PRCA semuanya membantu mengendalikan standar-standar dalam industri PR. Mereka memiliki peran dalam menciptakan para praktisi PR yang bisa memberikan fungsi PR yang konsisten dan berkualitas apakah itu in-house atau sebagai bagian dari sebuah konsultansi. Para  lulusan PR akan membawa selingkup besar ketrampilan manajemen akuntandan pemahaman mengapa beberapa kampanye berhasil sementarayang lain tidak. PRCA telah membuat suatu panduan untuk memilih konsultansi PR, memberi nasihat pada para calon klien apa yang harus mereka cari.
Terdapat lima kompetensi mendasar bagi seseorang yang berprofesi Public Relations, seperti yang dikemukakan Jefkins dalam Soleh Soemirat dan Elvinaro Ardianto ( 2003 : 159 ) yaitu :
1.      Ability to communicate (Kemampuan berkomunikasi)

Mampu berkomunikasi dengan baik terhadap orang yang memiliki aneka ragam karakter.
2.      Ability to organize (Kemampuan mengorganisasikan)

Kemampuan mengorganisasikan dapat diartikan sebagai kemampuan manajerial, yang dapat mengelola program PR mulai dari fact finding (pengumpulan data), planning (perencanaan), communication (mengkomunikasikan program) dan evaluating (evaluasi program).
3.      Ability to get on with people (Kemampuan bergaul/membina relasi) Kemampuan           ini         dapat                        diartikan       sebagai       kemampuan                    menciptakan networking (jaringan) dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan organisasi/perusahaan atau PR itu sendiri.
4.      Personal Integrity (Berkepribadian utuh/jujur)
  Kejujuran harus tetap melandasi seseorang yang menjadi profesi apa pun, termasuk public relations (PR), karena aspek ini yang dapat membentuk kredibilitas (kepercayaan) orang lain terhadap PRO maupun perusahaan tempat PRO itu bekerja.
5.         Imagination (Memiliki imaginasi yang kuat)

Profesi PR haruslah seseorang yang penuh dengan gagasan atau ide-ide, mampu memecahkan problem yang dihadapi, mampu menyusun rencana yang orisinil dan dapat mengembangkan imajinasi untuk melahirkan kreativitas-kreativitas kerjanya.[8]



BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan makalah yang kami susun, dapat disimpulkan bahwa Konsultan Public Relation adalah penyelenggaraan jasa-jasa teknis dan kreatif tertentu oleh seseorang atau sekelompok orang yang memiliki keahlian berdasarkan pengalaman serta latihan yang telah mereka dapatkan sebelumnya. Konsultan PR juga memberikan konsultasi mengenai strategi komunikasi agar tercipta opini publik yang sesuai dengan tujuan perusahaan.
Masalah yang terus-menerus ada untuk industri PR adalah memastikan layanan diberikan melalui semua tipe konsultansi yang beragam dengan kualitas yang konsisten. Dan dalam menjalankan fungsi-fungsi itu mereka sudah memiliki suatu identitas perusahaan yang sah menurut hukum.








                                  








DAFTAR PUSTAKA




[1] http://google.com/amp/s/rahayunandasite.wordpress.com/2016/12/20/public-relation/amp/, diakses pada hari senin tanggal 18 Maret 2019, pukul 11.00 WIB.
[2] http://publicrelationsidaananda.blogspot.com/2009/02/berkenalan-dengan-jasa-konsultan.htmldiakses pada hari senin tanggal 18 Maret 2019, pukul 13.20 WIB.
[4] Keith Butterick, Pengantar Public Relation, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013), hal. 126.
[5] Ibid., hal. 127.
[6] Ibid., hal. 132.
[7] Ibid., hal. 131.

[8] Nanik Alinda Arisanti, Skripsi Standar Kompetensi Dan Profesionalisme Sdm Public Relations Dalam Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pt Telkom Kandatel Solo Di Era Persaingan Telekomunikasi, Universitas Sebelas Maret Surakarta, hlm. 48.


Comments

Popular posts from this blog

Makalah Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

MAKALAH PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Ekonomi Makro Islam Dosen Pengampu: Ahmad Syukron, M. EI Penyusun: Kelas: G JURUSAN EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ISLAM PEKALONGAN TAHUN 2018 KATA PENGANTAR             Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini. Dalam penulisan makalah ini, materi yang dibahas adalah “Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi” . Kami menyadari sepenuhnya bahwa di dalam penulisan makalah ini banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami mengharapkan adanya kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan makalah kami.             Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah waw...

Makalah Kaidah Fikih الأموربمقاصدها (al-umuuru bimaqaashidiha)

DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ..................................................................................... i DAFTAR ISI ................................................................................................... ii BAB I PENDAHULUAN ................................................................................ 1 A.      Latar B elakang ....................................................................................... 1 B.      Rumusan M asalah .................................................................................. 2 C.      Tujuan dan M anfaat ................................................................................ 2 BAB II PEMBAHASAN ................................................................................. 3 A.      Makna Kaidah Fikih الامور بمقاصدها ....................................................... 3 B.      ...

Makalah Konsep Dasar Fiqh Muamalah

TUGAS MAKALAH KONSEP DASAR FIQIH MUAMALAH Makalah I ni D isusun U ntuk M emenuhi T ugas Fiqih Muamalah Dosen Pengampu : Ahmad Syukron, M.EI O leh   : KELAS : E JURUSAN EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITU T AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN 2019 K ATA PENGANTAR Puji syukur ke hadirat Allah swt atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Ahmad Syukron, M.EI selaku dosen kami dalam Mata Kuliah Fiqih Muamalah dan kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya. Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca . U ntuk kedepannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi. Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami , k ami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini . Oleh ...